Minggu, 30 Oktober 2022

Sandpaper Letter

Meningkatkan Keaksaraan Awal  Menggunakan Sandpaper Letter

Berdasarkan hasil analisis dari beberapa penelitian dan hasil wawancara dengan sumber menyatakan bahwa media sandpaper letter mampu meningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak. Media sandpaper letter dapat meningkatkan keaksaraan awal anak dengan cara yang konkret melalui indera penglihat, pendengar dan peraba.

 Menurut Candra, dkk. (2016) sandpaper letters efektif digunakan sebagai variasi  media pembelajaran yang berbasis Montessori untuk meningkatkan kemampuan keaksaraan awal. Dimana kartu-kartu huruf tunggal dari alfabet ditempelkan pada kertas amplas.

Hal ini dikuatkan oleh hasil penelitian Ivy & Rodolfo (2018) yang menunjukan bahwa penggunaan kertas amplas dalam media ini dapat membuat anak merasakan sensor yang dibutuhkan dan menghubungkan rasa dengan sentuhan dan bunyi sehingga anak dapat mengasosiasikan bunyi huruf dengan tanda yang dibentuk dari masing-masing huruf.

 Adapun Candra, dkk. (2016) menyatakan bahwa pengenalan huruf melalui media sandpaper letters ini kemampuan yang dicapai oleh anak meliputi pengenalan nama huruf, pengenalan bunyi huruf, pengenalan bentuk huruf, dan pengenalan menulis huruf.

Sandpaper letters merupakan sebuah media yang khusus diciptakan untuk pengenalan huruf bagi
anak. Montessori menggunakan sandpaper letters untuk melatih anak dalam pengenalan huruf
meliputi nama, suara dan bentuk huruf secara kongkret (Guttek, 2013).

 Halimah (2021) menyatakan bahwa media sandpaper letter berbasis Montessori efektive dalam
pembelajaran pengenalan huruf anak usia dini karena mengandung kepraktisan, keterpakaian dan efisiensi.

 Setia (2021) dalam penelitiannya mengatakan bahwa pada pembelajaran kemampuan mengenal huruf pada anak, perlu adanya media pembelajaran yang mendukung terciptanya suasana pembelajaran sebagai penyalur pengetahuan, oleh sebab itu penggunaan media sangat penting dalam mengembangkan kemampuan mengenal huruf pada anak. Salah satu media yang dapat digunakan dan diterapkan kepada anak yaitu media sandpaper letter. Menurut Pramita dalam Setia, (2021) sandpaper letter atau huruf raba adalah media yang digunakan untuk mengenalkan huruf kepada anak dengan cara yang kongkret yang terbuat dari kayu persegi dengan ketebalan 1 cm dengan huruf yang berasal dari kertas ampelas.

 

Sumber Rujukan :

Candra, dkk. (2016). Peningkatan Pengenalan Huruf Melalui Media Pembelajaran Sandpaper Letters Pada Anak Kelompok A Tk Aba Thoyibah Banyuanyar Tahun Ajaran 2015/2016. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjd5e3hkY76AhU1jOYKHQeoBwoQFnoECA8QAw&url=https%3A%2F%2Fjurnal.fkip.uns.ac.id

 

Halimah, Aini Nur (2021).Efektivitas Penggunaan Media Sandpaper Letter Berbasis Montessori Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun Di Mojopurno Wungu Madiun. http://etheses.uin-malang.ac.id/31126/1/17160017.pdf

 

Setia, (2021). Implementasi media sandpaper letter dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 5-6 tahun di
taman kanak-kanak negeri 2 bandar lampung
. Http://repository.radenintan.ac.id/16117/1/skripsi%201-2.pdf 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar